Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendaftar ke Situs Microstock

Fajriology.com - cara mendaftar ke situs microstockFajriology.com - cara mendaftar ke situs microstock
www.shutterstock.com
 

Sejalan dengan pengalaman saya, maka situs microstock yang saya rekomendasikan kepada anda pertama kali adalah Shutterstock, yang beralamat di www.shutterstock.com.

Untuk mendaftar jadi kontributor, silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Masuk ke situs Shutterstock

Kunjungi situs Shutterstock, lalu cari menu sell your content pada bagian bawah (footer) laman depannya. Atau klik saja di sini. Maka anda akan sampai di halaman awal pendaftaran (become contributor) dengan tampilan seperti di bawah ini.

fajriology.com - Tampilan awal shutterstock contributor
submit.shutterstock.com
 

Klik tombol 'Get started', maka akan muncul formulir atau blanko elektronik sebagai syarat administrasi untuk menjadi kontributor. 

fajriology.com - Klik tombol 'Get started', maka akan muncul formulir atau blanko elektronik
submit.shutterstock.com
 

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Isilah keempat kotak kosong dalam formulir tersebut dengan urutan sebagai berikut: 

Kotak pertama: Provide your legal name. Isilah kotak ini dengan nama resmi anda sesuai dengan yang tercantum pada tanda pengenal anda, baik itu KTP atau passport. Harus nama resmi, karena nanti akan ada kaitannya dengan legalitas pembayaran komisi hasil penjualan foto anda dan urusan perpajakan.

Kotak kedua: Choose the name you want customers to see. Di sini, anda bisa mencantumkan nama anda seperti isian kotak pertama, namun dapat pula mengisi nama lain yang anda inginkan. 

Kotak ketiga: Isikan alamat email anda. Di samping berguna untuk konfirmasi pendaftaran, nanti segala urusan anda dengan Shutterstock akan dikomunikasikan lewat email tersebut. 

Kotak keempat: Isikan password yang nanti akan anda gunakan untuk login ke sebagai kontributor. Ini nanti akan anda pakai saat akan mengirim foto, melihat portofolio, melengkapi informasi akun dan lain sebagainya. Password harus berisi minimal 8 karakter, terdiri dari gabungan huruf dan angka, serta terdapat kombinasi huruf kapital dan huruf kecil.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

fajriology - Contoh isian formulir kontributor shutterstock
submit.shutterstock.com

 

Setelah empat kotak dalam formulir pendaftaran terisi lengkap dan anda yakini kebenarannya, centanglah kotak kecil di bagian kiri bawah sebagai tanda anda menyatakan bahwa usia anda 18 tahun ke atas dan menyetujui persyaratan-persyaratan yang ditentuan oleh Shutterstock.

Saran saya, bacalah persyaratan dan pernyataan dalam Term of Service dan Privacy Policy tersebut terlebih dahulu sebelum anda melanjutkan ke proses berikutnya. Bila bahasa Inggris membuat anda kurang nyaman membaca, silahkan copy teks di dalam persyaratan tersebut dan paste-kan saja ke Google Translate.

Di lembaran term of service anda akan menemukan banyak ketentuan, mulai dari syarat-syarat foto yang dapat diterima, larangan-larangan, dan lain sebagainya.

3. Mengirimkan Formulir Pendaftaran

Jika anda sudah yakin dapat memenuhi segala persyaratan sebagai kontributor, maka tekanlah tombol 'Next'.

Setelah itu akan muncul ucapan terima kasih disertai dengan permintaan memvalidasi akun anda melalui email, seperti tampilan di bawah ini:

fajriology.com - Pemberitahuan untuk memverifikasi akun kontributor shutterstock
submit.shutterstock.com

4. Memverifikasi Akun Melalui Email

Setelah itu bukalah email yang tadi anda daftarkan. Bukalah inbox (kotak masuk), silahkan lihat di bagian paling atas. Di sana akan terdapat email masuk dari Shutterstock Contributor dengan alamat: email@service.shutterstockmail.com  dan subject: Verify your email address.

Untuk memverifikasi akun anda sebagai kontributor, maka pada bagian body email klik tulisan please click here to verify your account yang berwarna biru di bawah tulisan Almost there... (sedikit lagi).

fajriology.com - permintaan konfirmasi akun kontributor shutterstock
mail.google.com

Setelah anda mengklik persetujuan verifikasi di email tersebut, maka anda akan dibawa kembali ke situs shutterstock. Akan ada lembaran ucapan terima kasih dan pemberitahuan bahwa email anda sudah terverifikasi seperti berikut:

fajriology.com - tampilan pemberitahuan mail terverifikasi oleh shutterstock. Cara mendaftar di microstock, verifikasi akun kontributor
www.shutterstock.com

Dengan melakukan konfirmasi, pemberitahuan dari Shutterstock kepada anda di masa-masa selanjutnya akan disampaikan lewat email tersebut.

5. Mengisi Data Alamat Lengkap

Langkah selanjutnya adalah mengklik tombol 'Next' yang terdapat pada lembaran pemberitahuan email terverifikasi. Anda akan dibawa ke formulir pengisian alamat lengkap seperti tampilan di bawah ini.

fajriology.com - Formulir pengisian alamat kontributor shutterstock
submit.shutterstock.com

Isilah dengan alamat yang benar sesuai dengan data yang tercantum dalam tanda pengenal anda. Dalam formulir itu ada dua bentuk alamat, yaitu alamat tempat tinggal, dan alamat tempat berkirim surat. Anda bisa mengisinya sama atau pun berbeda tergantung kebutuhan anda.

Bila alamat rumah dan alamat surat anda sama, maka anda centang kotak kecil yang terletak di bagian bawah bertuliskan 'My residential and my mailing addresses are the same'. Maka secara otomatis ketika anda mengetik di kolom alamat sebelak kanan, kolom sebelah kiri akan terisi pula.

Bila alamat surat tidak sama dengan alamat rumah anda, maka anda tidak perlu mencentang kotak kecil tersebut. Namun, anda harus mengisi kedua kolom alamat kiri dan kanan tersebut secara manual satu per satu.

Data alamat ini nanti akan berguna untuk penghitungan tarif pajak dari total pendapatan anda sebagai kontributor. Sebab berkantor di Amerika Serikat, maka aturan perpajakan mengacu kepada undang-undang di negara tersebut.

Dalam peraturan di sana, tarif pajak luar negeri didasarkan pada kesepakatan, kerja sama atau ketetapan antara negara mereka dengan negara lain. Jadi, tiap-tiap negara bisa saja terdapat tarif yang sama atau pun berbeda-beda.

Oleh karena itu, ketika penghasilan anda nanti sudah akan mereka transfer ke rekening Paypal anda, mereka akan meminta scan KTP, SIM, atau passport anda untuk memastikan bahwa anda memang merupakan warga negara Indonesia, misalnya.

6. Mengirim Foto Pertama

Setelah data alamat terisi lengkap, silahkan klik tombol 'Next', maka anda akan sampai pada halaman ucapan selamat datang seperti di bawah ini.

fajriology.com - ucapan selamat datang sebagai kontributor shutterstock.
submit.shutterstock.com

Jika halaman seperti tampilan di atas sudah anda temukan, maka: Selamat, anda baru saja terdaftar sebagai kontributor Shutterstock!

Selanjutnya, akun itu sudah siap pakai untuk mengirimkan foto-foto terbaik anda yang selama ini tersimpan saja di memory ponsel atau hard disk laptop, ataupun sebagiannya hanya anda unggah ke media sosial.

Sebab sudah resmi jadi kontributor, cobalah kirim (submit) 10 foto pertama anda. Tekanlah tombol 'Upload images' kalau anda bermaksud langsung mengirim foto.

Setelah pengiriman, tunggu 1 sampai 5 hari kemudian, tim Shutterstock akan melakukan penilaian untuk menyetujui (approved) atau menolak (not approved). Tapi biasanya bisa lebih cepat, tergantung kepada intensitas pengiriman pada saat tersebut.

Kirim saja dulu apa yang sudah ada dalam memory ponsel atau hard disk laptop anda. Anda nanti akan tahu mana foto anda yang layak dan tidak layak masuk dalam bisnis microstock, khususnya di Shutterstock.

Dari pengalaman pertama tersebut, anda akan segera mendapat pelajaran baru untuk diterapkan pada masa-masa berikutnya. Selamat mencoba.

 



 

 

Berlangganan via Email